Menu Close

7 Teknik Dasar Sepak Bola Lengkap dan Penjelasannya

Teknik dasar sepak bola sangat beragam. Jika seorang pemain ingin bermain sempurna di lapangan, tim perlu memahami teknik dasar sepak bola dan penjelasannya agar bisa menang. Sepak bola adalah olahraga paling populer di Indonesia saat ini. Hampir setiap daerah memiliki klub kebanggaannya masing-masing. Setiap klub biasanya memiliki tim dari tingkat pemuda hingga profesional.

Pertandingan tersebut mengharuskan setiap tim mendatangkan 11 pemain untuk bermain di lapangan. Kedua tim bermain 2 x 45 menit di lapangan pada jam normal. Memenangkan perlombaan membutuhkan teknik dan kealamian yang baik. Jadi butuh latihan dan usaha lebih untuk memenangkan perlombaan. Teknik dasar sepak bola juga merupakan kunci untuk mengembangkan orang untuk memenangkan pertandingan. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa kunjungi web https://luncurnews.com.

Teknik dasar dan penjelasan permainan sepak bola.
Penulis merangkum beberapa teknik dasar permainan sepak bola dan uraiannya.

  1. Teknik menggiring bola

Menggiring bola merupakan salah satu teknik dasar yang harus dikuasai oleh pemain sepak bola. Teknik ini digunakan oleh pemain untuk mengontrol dan menggerakkan bola.

Setidaknya ada dua teknik dribbling yang bisa dilakukan pemain. Artinya, menggiring bola dengan cepat dan menggiring bola di dekatnya. Menggiring bola dengan cepat berarti pemain melempar bola ke depan dan segera mengejar bola.

Close dribbling dilakukan dengan mengontrol bola secara lurus saat aman dari lawan. Pemain dapat menggiring bola di dua sisi kaki, bagian dalam dan bagian belakang kaki.

  1. Teknik mengoper bola

Sepak bola adalah permainan tim, jadi setiap pemain perlu mempelajari teknik untuk berhasil mengoper bola ke pasangannya. Pengiriman bola dilakukan untuk mengirim bola dari satu pemain ke pemain lain. Ini harus dilakukan dengan benar agar bola langsung menuju ke pemain yang dimainkan. Rahasianya adalah meningkatkan bagian bor yang meningkatkan akurasi bola.

Untuk mengoper bola, pemain harus berada pada posisi yang tepat dan fokus pada pemain yang diinginkannya. Kemudian gerakkan kaki Anda untuk mengoper bola ke target pemain. Pemain dapat mengoper bola menggunakan tiga bagian kaki. Yaitu telapak kaki bagian dalam, telapak kaki bagian luar, dan telapak kaki.

  1. Teknik tendangan

Kuasai teknik ini untuk mencetak gol melawan lawan Anda.
Dengan teknik ini, pemain perlu memperhatikan dua hal. Ini kekuatan dan presisi. Pemain harus memiliki kekuatan yang cukup untuk menendang bola dan akurasi yang tepat untuk memungkinkan bola meluncur ke arah yang diinginkan.

Rahasianya adalah pemain bisa berdiri tegak sebelum menendang bola. Selanjutnya, letakkan satu kaki sebagai tumpuan saat memotret. Terakhir, tendang bola untuk menyesuaikan gaya dengan jarak target.

  1. Teknik penguasaan bola

Sama pentingnya dengan teknik dasar lainnya, mengontrol dan menangkap bola juga menuntut pemain sepak bola untuk menguasainya. Tekanan diterapkan saat pemain menerima bola dan mengontrolnya dengan baik. Teknik menangkap ini juga penting karena bola tidak memantul dan menjadi milik lawan. Rahasianya adalah pemain bisa memegang bola di telapak kakinya. Kemudian gunakan bagian dalam kaki Anda untuk mengontrol bola.

  1. Teknik kursus
    Selain kaki, ada beberapa anggota tubuh yang bisa aktif digunakan dalam permainan bola, termasuk kepala. Teknik ini bisa digunakan untuk mengoper bola dan mengejar ke arah gawang lawan. Triknya adalah pemain mengarahkan bola ke depan kepala atau dahinya agar bola dapat meluncur secara langsung dan kuat.
  2. Teknologi penghilangan bola:
    Teknik ini juga perlu dikuasai oleh pemain sebelum bertanding dengan tim lain. Teknik ini sering digunakan untuk menjauhkan bola dari lawan. Agar sempurna, Anda perlu tahu cara membaca gerakan lawan dengan lebih baik. Selain itu, teknik ini juga dapat menghentikan aliran bola lawan yang ingin mengirim operan ke pasangan. Saat bola mencapai kaki lawan, hentikan dengan kaki Anda.
  3. Teknik menangkap bola
    Padahal, teknik ini merupakan teknik dasar yang harus dikuasai kiper. Karena tugas utama penjaga gawang adalah mencegah penjaga gawang mencetak gol, maka ia harus bertindak cepat untuk menangkap bola yang menyusup ke gawang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *